Selasa, 08 April 2014

Salam tambang...!!!

Pada postingan kali ini 0 KM akan membahas tentang Software Autocad Land desktop yang sering digunakan oleh para surveying dan arsitek-arsitek pertambangan. Software yang mudah digunakan  dan cukup familiar untuk pekerjaan survey Konon versi terakhir yang sudah dirilis adalah Land Desktop 2009, versi terbaru LD ini memakan space di harddisk kita sekira 2 GigaByte. Gak masalah untuk mesin yang sudah make Harddisk kapasitas besar. Tapi jika dirasa terlalu berat karena kapasitas HD pada komputer terlalu sedikit, versi 2007, 2005 dan 2004 nya LD masih mampu untuk membantu kita mengerjakan pengolahan data lapangan, jadi selalu ada banyak jalan menuju Roma.

Kenapa harus Autocad Land desktop..??

Saya setuju kalau software Autocad LD ini adalah dasar kita mempelajari software tambang lainnya yang lebih komplit fitur-fiturnya. Jadi ketika kita sudah bisa menggunakan software ini akan mempermudah lagi untuk mempelajari software tambang lainnya seperti surpac, minescape dan software-software lainnya, itu karena langkah-langkah pembuatan project di Autocad hampir sama dengan pembuatan Project software yang lain. Dan yang paling penting kita harus familiar dulu dengan istilah seperti mengimpor data, pembuatan layer, pembuatan kontur, cara mengedit kontur, istilah section sampai dengan perhitungan volume.

Haruskah mempelajari Autocad Land desktop..????

Untuk saat ini saya bisa mengatakan harus bagi kalangan mahasiswa jurusan tambang di ATPN banjarbaru, karena di semester 3 saat kita mendapatkan mata kuliah Perpetaan akan ada materi tentang Autocad Land destop, dan situ kita akan di beri banyak tugas yang harus dikirimkan lewat email kepada dosen pengajar, mulai dari tugas mengimport data, pembuatan kontur,section sampai pembuatan log bor. Nah untuk teman-teman yang masih di semester 2 tidak ada salahnya kalau kalian mulai mencari tahu dan mempelajari tentang Software ini, Siapa tahu kalian bisa mendapatkan nilai A+ pada mata kuliah ini, kan lumayan...

Dimana bisa mendapatkan software ini..?????

Seperti kata saya di atas, selalu ada banyak jalan menuju roma. Software ini bisa kalian download di internet lewat situs-situs yang menyediakan, tapi kalau cara ini di rasa terlalu ribet karena harus terhubung lewat jaringan internet, kalia bisa meminta tolong sama kakak tingkat kalian untuk menginstalkannya di leptop kalian.

Sepertinya cukup sampai di sini dulu postingan tentang Autocad Land desktop, untuk postingan selanjutnya akan kita bahas tentang bagaimana cara membuat project di Autocad Land desktop. Terimakasih atas kunjungannya semoga menjadi manfaat. 

1 komentar:

  1. Lumanyan bisa sudah mengoprasikan aplikasi Autocad LD, terasa mudah, menyenangkan dari pada maen game hahaha

    BalasHapus